Peluang Usaha Make_Up Artis ” Tips Tips Menjadi Make-Up Artist “

No Comments

Hasil gambar untuk tips menjadi makeup artist

Profesi sebagai makeup artist (MUA) sangat menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Bayarannya tak main-main, bisa mencapai puluhan juta rupiah sekali rias. Karenanya banyak orang tertarik menggeluti profesi ini dan mengeluarkan banyak uang sekadar untuk kursus.

Profesi makeup artist semakin populer seiring dengan tren saat ini. Hampir semua wanita ingin tampil memukau diberbagai kesempatan, sehingga makeup artist (MUA) selalu dicari. Jika sebelumnya keberadaan MUA sangat penting bagi para pelaku dunia hiburan seperti para pesohor, pemain film dan teater, sekarang profesi ini dibutuhkan masyarakat untuk mendukung berbagai aktifitas keseharian mereka.

Seperti wanita urban yang perlu bantuan makeup artist menyulap penampilan Anda untuk menghadiri arisan, pengajian, resepsi pernikahan dan berbagai pertemuan penting lainnya. Keterampilan makeup artist tidak lagi semata memulas bedak dan pewarna bibir, tapi sudah mendukung gaya hidup. Peluang yang makin terbuka luas bagi profesi MUA ini, mendorong Professional Artist Cosmetics,

Untuk menjadi seorang MUA, penting untuk mengenal alat-alat makeup terlebih dahulu. Nggak cuma bedak dan eyeshadow lagi. Kamu juga perlu tahu apa itu highliter, shading, countouring, brow pomade, brow mascara, dan sebagainya. Khatamkan itu semua, lalu barulah mulai mengoleksi makeup-mu sedikit demi sedikit.

Kenapa sedikit demi sedikit? Karena kalau beli langsung banyak bisa tekor. Makeup sekarang harganya nggak murah, apalagi kalau kamu langsung beli satu set. Mulailah dengan memiliki yang basic dan penting-penting dulu. Pada dasarnya tidak harus menggunakan produk yang high-end dulu kok. Kamu bisa memulainya dengan produk-produk lokal terlebih dahulu. Ingat, di dalam riasan itu yang utama bukanlah produknya, tapi skill kamu.

Kunci dari belajar autodidak adalah dengan mempelajarinya terus menerus sambil praktik. Tempat yang pas untuk belajar makeup adalah tentu saja Youtube. Di sana ada banyak beauty guru yang bisa kamu contek ilmunya setiap saat. Bahkan ada pula yang menawarkan kelas jarak jauh. Kamu tidak usah ragu mengeksplor banyak ilmu dari sana. Di masa yang kekinian ini, ilmu tidaklah terbatas hanya dimiliki oleh mereka yang belajar di kelas-kelas atapun sekolah formal. Kalau ada yang gratis dan bisa memberikan kamu ‘sesuatu’ cobalah. Jangan malas ya.

Tidak perlu ragu kalau masih merasa kurang, karena sebagai manusia kita pastinya selalu belajar dan menambah skill baru. Termasuk dalam hal merias.

Apa kesalahan makeup artist pemula yang sebetulnya bisa banget dihindari?

“Nggak fokus ke hasil makeup, tapi ke barang-barang yang dipake. Kayak harus pake brand luxury, traincase keren, kamera mahal, padahal yang nomor satu harus diperhatikan kan hasil makeup-nya. Apalagi kalau pemula, fokus di prosesnya dulu, karena kita bisa belajar banyak banget dari proses. Aku sendiri sering lho, buka Instagram aku terus liat lagi hasil-hasil makeup minggu lalu, bulan lalu, dan sering banget ada momen dimana aku ngerasa “Duh, harusnya bisa lebih bagus lagi nih.” Be your own critic and always look for improvements. Mindset-nya harus dibentuk untuk terus selalu belajar, jangan mau langsung perfect semua-muanya dari awal karena nanti pasti akan stress sendiri.”
ditekuni. Nah, kalau Anda saat ini sedang atau berniat untuk menekuni karir sebagai makeup artist, perhatikan 7 hal berikut yuk!
1. TAK HARUS PUNYA LATAR BELAKANG BIDANG KECANTIKAN

Anda yang nggak punya latar belakang di bidang kecantikan juga bisa kok jadi MUA. Asalkan punya niat dan mau belajar, semua pasti bisa dilakukan. Sedikit bocoran nih, nggak semua MUA punya pendidikan formal di bidang kecantikan lho. Ada beberapa MUA yang memulainya dari hobi. Belajarnya pun otodidak! Salah satu makeup artist yang karyanya sering tampil dalam pemotretan di berbagai majalah mode, AMI Becks, mengungkapkan kalau menonton tutorial makeup di YouTube atau ikut workshop yang berhubungan dengan kecantikan akan membantu melatih skill dalam makeup.

“Aku awalnya belajar makeup secara otodidak, setelah itu gabung di Sophie Paris. Beruntung, aku dapat beasiswa hingga ke level profesional di Makeup For Ever Academy dan bersertifikat,” jelasnya. Jadi, kalau Anda mau belajar secara otodidak, ya monggo. Kalau Anda ingin mengikuti kursus tata rias juga boleh. Sekarang sudah banyak kok tempat kursus makeup yang tersertifikasi.

2. SABAR DALAM MENGUMPULKAN PERLENGKAPAN MAKEUP

Perlengkapan makeup artist itu nggak cuma 1 atau 2 produk, tapi banyak! Ya, banyak dan, ehem, mahal. Nah, karena hitungannya masih merintis, sebaiknya Anda membeli perlengkapan makeup sesuai bujet saja. Tak perlu yang terlalu mahal. Tingkatkan dulu skill dan keluwesan tangan, sembari menabung untuk mulai menyicil beli produk makeup yang lebih mahal dan berkualitas tentunya. Yang penting, jangan terlalu memaksakan kalau belum ada uang. Sabar dan pelan-pelan saja

3. PILIH APLIKATOR MAKEUP BERKUALITAS

Seperti yang barusan dibahas, Anda belum terlalu butuh produk mahal saat baru merintis. Tapi ketika Anda sudah mahir dan jam terbang bertambah, membeli perlengkapan makeup berkualitas itu wajib! Apalagi untuk aplikator makeup. Hasil makeup Anda tentu jadi lebih maksimal jika menggunakan aplikator yang berkualitas. Untuk yang baru memulai karier sebagai makeup artist, tak perlu bingung mencari aplikator makeup yang on budget. Sudah banyak pilihan aplikator makeup dengan harga yang terjangkau kok.
4. MENGUASAI BERBAGAI TEKNIK MAKEUP

Waduh, harus menguasai berbagai teknik makeup? Eits, jangan mundur teratur dulu! Kalau Anda sudah mahir, mencoba teknik baru dalam aplikasi makeup nggak sesulit yang dibayangkan kok. Ada banyak teknik makeup yang bisa dipelajari seperti baking, strobing, atau bahkan teknik makeup yang paling baru dari Korea yaitu jamsu. Yuk, mulai cari tahu dari sekarang! Tidak hanya nabung uang untuk beli produk dan peralatan makeup, Anda juga harus menabung ilmu.

5. WAJIB UPDATE PERKEMBANGAN TREN MAKEUP

Ketika memutuskan untuk jadi MUA, Anda harus rajin mencari tahu tentang tren makeup terbaru. Lakukan ini dengan menonton makeup tutorial para beauty vlogger atau MUA profesional di YouTube. Biasakan juga untuk mampir ke channel YouTube atau blog para beauty enthusiast dari berbagai negara, misalnya Amerika atau Korea. Dengan begitu, Anda akan tahu tren makeup apa yang sedang hits di tiap negara. Anda juga bisa berlangganan newsletter dari beberapa situs kecantikan, seperti Beauty Journal ini

6. MENCARI CIRI KHAS SENDIRI

Anda perlu mencari ciri khas dalam gaya makeup yang membuat Anda berbeda dengan MUA lainnya. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mengingat Anda. Misalnya, Anda sangat mahir dalam merias wajah untuk pengantin. Ya, sebisa mungkin fokuskan diri Anda pada keahlian tersebut. Atau, Anda bisa fokus pada riasan yang membuat mata terlihat lebih hidup atau kulit terlihat lebih flawless di foto. Dengan catatan, Anda juga harus bisa segala jenis makeup ya.

7. RAJIN UPLOAD PORTOFOLIO DI MEDIA SOSIAL

Media sosial bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk mencari klien, lho. Lewat Instagram misalnya, Anda bisa mengunggah foto atau video klien yang Anda makeup. Tambahkan hashtag unik untuk makeup Anda misal #RaniMakeup, lalu hashtag yang membuat foto Anda mudah ditemukan orang seperti #MUAjakarta, #MUAwedding, atau #MakeupArtist, maka kesempatan untuk dapat klien baru pun semakin besar. Jadi, jangan malas mengunggah portofolio makeup di media sosial Anda ya!
Sumber : Jurnalsociolla

Peluang Bisnis Yang Sangat Menguntungkan ” Keong Sawah “

No Comments

Hasil gambar untuk bisnis keong sawah

Pastinya Anda semua sudah mengenal dengan keong sawah? Keong sawah atau yang sering dikenal dengan tutut merupakan hewan bercangkang, sejenis keong, yang biasanya banyak terdapat di sawah. Masyarakat sejak lama telah memanfaatkan tutut sebagai makanan camilan atau menemani makan nasi. Tutut yang menyerupai keong dalam bentuk kecil,
biasanya dibumbui dengan kunyit, kadang ditambahin santan dan berbagai bumbu lainnya.

Tutut termasuk dalam kelompok Operculata yang hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur serta ditumbuhi rerumputan air, dengan aliran air yang lamban, misalnya sawah, rawa-rawa, pinggir danau dan pinggir sungai kecil. Binatang ini lebih menyukai perairan yang airnya jernih dan bersih. Ada dua jenis dari marga Bellamya yang hidup di sawah, yaitu Tutut jawa dengan sebaran di Thailand, Kamboja, Malaysia, Indonesia (kecuali Irian Jaya) dan Filipina, dan Tutut sumatera yang sebarannya mencakup Thailand, Kamboja, Malaysia, Indonesia (Sumatera dan Jawa). Tutut ternyata menyimpan kandungan gizi tinggi, seperti kandungan protein 12%, kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram tutut, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor. Kandungan vitamin pada tutut cukup tinggi, dengan dominasi vitamin A, E, niacin dan folat, Jadi bayangkan khasiatnya, vitamin A untuk mata, vitamin E untuk regenerasi sel dan kecantikan kulit, niacin berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi dan folat baik untuk ibu hamil supaya bayinya tidak cacat tabung syarafnya, dan banyak lagi.
Tutut mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor tutut dewasa dapat mencapai 4-5 gram. Selain makronutrien, tubuh tutut juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Dengan pengelolaan yang tepat, tutut dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah daripada daging sapi, kambing atau ayam. Ternyata melihat dari gizi yang dikandung, tutut bisa dijadikan alternatif protein pengganti daging, ayam dll dan harganya juga relatif terjangkau. Selain itu, tutut juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, maag, liver, kolesterol serta berbagai penyakit lainnya. Ternyata tutut juga bisa diolah menjadi makanan.
Namun untuk penggolahan tutut harus di masak dengan cara yang benar. Tutut merupakan hewan yang banyak mengandung cacing sehingga proses penggolahan tutut harus dimasak dengan benar agar tidak berbahaya dalam kesehatan.
Biasanya penggolahan tutut agar tidak berbahaya dimasak dengan cara perebusan. Perebusan merupakan cara yang umum digunakan untuk memasak tutut, oleh karena itu waktu memasak dan besar kecilnya api yang digunakan untuk memasak sangat berpengaruh pada bebas atau tidaknya tutut dari infeksi cacing trematoda di atas.

Penelitian menunjukkan bahwa larva cacing pada tutut akan mati jika direbus selama 20 menit menggunakan api besar, 39 menit menggunakan api sedang dan 62 menit menggunakan api kecil. Setelah mengetahui proses pemasakan tutut dengan cara yang benar pastinya Anda ingin mencoba salah satu olahan menu makanan dari tutut. Salah satu olehan makanan dari keong sawah adalah sate.

Keong sawah pada umunya dimasak dengan cara diberi kuah namun bagaimana jika keong sawah dibuat menjadi sate atau yang dikenal dengan sate kong sawah. Belum banyak masyarakat yang menjadikan olahan keong sawah sebagai sate. Namun sebenarnya peluang usaha sate keong sawah juga sangat menjanjikan. Bahan baku yang digunakan juga mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau sehingga jika dijadikan peluang usaha akan dapat berjalan lancar.
Ada banyak peluang yang dapat diperoleh cuma dengan buka usaha budidaya ternak keong mas. Peluang bisnis yang dapat Anda capai diantaranya :

1. Untuk Usaha Kuliner

Saat ini ada banyak usaha kuliner yang berbasiskan keong mas, seperti sate, pepes, dendeng, sambel sampai kerupuk. Anda mungkin membuatnya jadi usaha sambilan.

Bahkan juga keyakinan orang-orang pada hewan keluarga molusca ini masih tetap tinggi hingga sangat mungkin peluang omset tinggi sangat ada.

2. Untuk Pakan Ternak

Nah, keuntungan yang dapat diperoleh dengan usaha budidaya ternak keong mas yaitu jadi pakan ternak. Tingginya protein begitu bagus untuk perubahan budidaya ternak Anda dari mulai udang, ikan, bebek serta yang lain. Bahkan juga banyak peternak bebek yang mengakui memperoleh keuntungan lebih.

Bebek dapat menghasikan telur dengan jumlah 80% lebih tinggi. Bukan sekedar itu, mencampurkan 4, 5% tepung keong mas untuk pakan sapi potong juga memberi hasil yang begitu penting.

Nah, jadi tidaklah perlu sangsi coba usaha budidaya ternak keong ini karna pasar Anda begitu luas.

Bagaimana Langkah Mulai Usaha Budidaya Keong Mas?

1. Pembuatan Kolam Keong

Gampang saja mulai budidaya keong mas. Anda dapat memakai terpal atau tembok untuk buat kolam. Cuma saja, buat ketinggian kolam 5 kali lebih tinggi dari genangan air. Misalnya Anda buat kolam dengan genangan air 10 cm, jadi tinggi tembok kolam sebaiknya 60 cm untuk menghindar keong keluar dari habitatnya.

Dianjurkan buat kolamyang terbuat dari tanah atau semen. Sebab, keong nanti juga akan menempatkan telurnya pada dinding kolam. Sesaat terpal tidak dapat dipakai untuk menaruh telur karna licin.

2. Pembibitan Keong Mas

Pembibitan keong mas cukup gampang. Siapkan saja ranting pohon untuk meletakkan telur.

3. Pakan Keong Mas

Pakan keong mas juga begitu gampang. Pakai sayuran seperti selada, sawi atau tempatkan enceng gondok didalam kolam. Pemberian makan keong mas ini sebaiknya dikerjakan 4-5 kali satu hari.

Sesaat bayi keong mempunyai type pakan berlainan. Mereka relatif makan lumut serta alga.

4.Sistem Panen Keong Mas

Keong mas dapat dipanen apabila umurnya telah menjangkau 1 bulan dengan ukuran sesuai sama selera Anda. Kemudian, tinggal langkah Anda memasarkannya ke orang yang lain.

Penjualan keong mas dapat berbagai macam. Anda dapat menjualnya berbentuk daging atau berbentuk tepung cangkang. Rata-rata harga yang dibanderol untuk 1 kg daging keong mas pada Rp15. 000 – Rp20. 000, sesaat untuk tepung cangkangnya Rp8000 per kg-nya.

Penjualannya juga dapat Anda kerjakan dengan on-line. Banyak peternak diluar kota yang mencari keong mas jadi bahan kombinasi pellet. Untuk jual daging keong, menawarkannya pada entrepreneur kuliner yaitu pilihan yang paling pas.

Sumber : tokomesin/sumber lainnya