Tips Sukses Buka Usaha Online

Tips Sukses Buka Usaha Online

 

Kiat sukses mencapai keberhasilan dalam usaha bisnis dagang memang harus di punyai oleh orang yang membuka usaha.

Setiap pebisnis pastilah ia adalah seorang pedagang/penjual. Sehingga berdagang/berjualan adalah aktivitas wajib yang harus seorang pebisnis lakukan untuk bisa tetap disebut pebisnis. Apabila tidak, maka besar kemungkinan untuknya kelak akan berubah sebutan menjadi karyawan atau bahkan pengangguran.

Di era yang serba online saat ini, bisnis pun terwarnai oleh fenomena “online-isasi” sehingga munculah istilah baru yakni bisnis online atau jualan online. Tidak bisa kita pungkiri bahwa bisnis/jualan online bahkan kini menjadi fenomena dan tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Pertumbuhan bisnis online ini memberikan dampak positif bagi perekonomian bangsa ini.

Melihat begitu pesatnya pertumbuhan bisnis online di negeri ini membuat orang-orang berlomba untuk turut serta di dalamnya. Gambaran bahwa bisnis online adalah bisnis yang mudah dijalankan serta menguntungkan langsung memenuhi benak para calon pebisnis dadakan tersebut. Akan tetapi ternyata tidak semua bayangan tersebut terwujud menjadi kenyataan. Tidak sedikit yang akhirnya berguguran tanpa pernah merasakan manisnya hasil berbisnis online. Lantas apa yang salah?

Kekeliruan dalam memahami bisnis online menjadi sebab utama kegagalan bagi mereka yang tidak sukses dalam berbisnis online. Bisnis online bukanlah kotak ajaib yang pasti menjadikan setiap pemiliknya pasti menjadi orang kaya. Bisnis online hanyalah satu diantara sekian banyak cara berbisnis yang kreatif. “Bisnis” merupakan aspek utama yang harus dijiwai dengan benar, sedangkan “Online” adalah metode/cara yang mempercantik si-Bisnis tadi. Jadi, yang harus dilakukan oleh para calon pebisnis yang ingin sukses berbisnis online adalah menjiwai bisnis dulu. Mungkin para pembaca belum mendapatkan gambaran bagaimana menjiwai BISNIS dan kemudian dipercantik dengan ‘makhluk’ bernama ONLINE. Tapi tenang saja, ditulisan ini akan saya berikan contoh nyata dari Laku.com sebagai salah satu Online shop tersukses dan terbesar di Indonesia.

Secara garis besar saya akan memaparkan tiga aspek besar dari Laku.com yang patut dipelajari bagi anda-anda yang ingin sukses nyata di bisnis online seperti suksesnya Laku.com.

Pertama, profesionalitas pengelolaan bisnis online. Profesionalisme merupakan kunci awal kesuksesan suatu bisnis, tidak terkecuali bisnis online. Hal ini pulalah yang saya dapati ketika mencari informasi mengenai Laku.com. Sebagai calon pembeli, wajar dong bila saya ingin cari tahu siapakah sebenarnya si penjual. Informasi seperti itu, biasanya akan kita dapati di situs-situs toko online pada halaman about, tentang kami, atau profil. Dan… Jreng.. jreng… WOW…. Mungkin ketakjuban yang sama yang akan anda dapati seperti saya ketika melihat, siapakah Laku.com itu.

Bukan berlebihan rasanya bila mengatakan bahwa Laku.com adalah online shop yang memiliki standar profesionalitas tinggi. Saat online shop biasanya dikelola oleh perorangan, Laku.com sudah berbadan hukum (perseroan terbatas). Saat online shop lain melayani calon pembeli seadanya (meskipun digembar-gemborkan fast respond dan semacamnya), Laku.com sudah punya tim Customer Service yang bejibun. Saat online shop lain kelimpungan mengurusi orderan yang masuk, kayaknya Laku.com bakal senang, tenang, dan riang tuh. Coba saja lihat timnya yang sudah memiliki bagian masing-masing, tim CS, tim Inventory and Order Fulfillment, tim content, tim photography, tim jurnalistik, waaaah.. lengkap deh. Ini baru yang disebut profesionalitas tinggi. Serius bisnis.

Kedua, keseriusan dalam mempromosikan produk yang dijual. Tentu kita semua memahami, sebagus, sehebat, atau semenarik apapun produk yang dimiliki, tanpa adanya promosi tidak mungkin produk tersebut bisa laku. Tapi ternyata promosi saja belum cukup, perlu adanya keseriusan dalam mempromosikan produk yang dimiliki. Aspek inilah yang benar-benar diperhatikan oleh Laku.com. Keseriusan itu bisa dilihat dari keberadaan tim fotografi sendiri dan bahkan tim fashion stylist sendiri. Laku.com membuat positioning yang bisa membedakan mereka dari online shop lain yang lebih sering foto produknya comot sana comot sini. Ada satu statement yang saya suka dari Laku.com “….untuk memenuhi janji kami: Semua produk di Laku.com difoto sendiri oleh in-house professional photographer!” Ini dia baru yang namanya SERIUS BISNIS!!

Ketiga, program reseller yang disediakan oleh Laku.com. Mungkin tidak sedikit orang akan menganggap langkah yang dilakukan oleh Laku.com ini akan menurunkan positioning mereka sebagai online shop profesional. Saya justru memandang ini adalah salah satu langkah cerdas. Mengapa? Sedikitnya ada 2 keuntungan yang akan diperoleh Laku.com dengan membuka peluang bagi yang ingin menjadi reseller. Pertama, dengan adanya orang-orang yang mau menjadi reseller dari Laku.com, pastinya akan terjadi peningkatan omzet bagi Laku.com tanpa harus mengeluarkan effort sebesar bila mereka harus promosikan produk-produk mereka sendirian. Akan ada multiple effect dan pastinya multiple closing/deal yang akan Laku.com peroleh melalui para resellernya.

Kedua, meningkatkan tingkat bonding dan conversion rate. Sangat mungkin orang-orang yang awal mulanya adalah end user/customer biasa dan tidak terikat oleh satu online shop tertentu pada akhirnya berubah menjadi reseller dan terjalin keterikatan (bonding) dengan Laku.com melalui program reseller ini. Adanya program reseller ini akan membuat tingkat konversi meningkat. Mereka yang awalnya adalah customer biasa, akan berubah menjadi reseller setelah melihat adanya peluang untuk mendapatkan keuntungan dari program ini. Ketika mereka menjadi reseller, tentunya tingkat repeat order akan semakin tinggi, baik intensitas maupun kuantitasnya. Setelah itu, benefit-benefit yang mereka dapatkan biasanya akan membuat para reseller tersebut terikat dan tidak mudah pindah ke online shop lain. Langkah yang cerdas bukan?! :)

Nah, pembaca yang bijaksana, saya sudah paparkan beberapa rahasia ajaib agar jualan online anda laku seperti Laku.com. Pemaparan ini adalah murni dari pengamatan dan persepsi saya sebagai seorang pebisnis online (dan juga sebagai seorang blogger lepas). Saya rasa tidak ada salahnya mengintip kesuksesan orang lain, mempelajarinya, merenungkannya, serta mengaplikasikannya untuk bisnis kita sendiri. Kesuksesan adalah hak anda juga loh.

 

sumber artikel: http://prakosobayu.com

Pencarian Bisnis Terbaru:

This entry was posted in Tips berbisnis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>