Langkah-langkah Memulai Bisnis Aksesoris

Jika anda bingung untuk mencari usaha baru, maka usaha bisnis yang satu ini cocok untuk anda. Karena banyaknya peminat dan serbuan dari kalangan anak muda.
Perempuan dan remaja putri selalu ingin tampil cantik dan modis di setiap suasana. Hal ini lazim terjadi pada setiap diri perempuan. Salah satu barang yang mereka perlukan adalah aksesoris. Aksesoris hanya penunjang pakaian namun memiliki dampak yang besar dalam penampilan seorang perempuan. Hal ini dapat kita lihat di televisi dimana para model dan artis dapat membuat pakaian biasa menjadi terlihat luar biasa karena penggunaan aksesoris yang tepat.
Aksesoris yang dimaksud disini bisa berupa perhiasan batu-batuan atau jenis pelengkap pakaian lainnya, seperti gelang, topi, ikat pinggang, syal, dan lain-lain. Untuk memulai usaha ini Anda tidak perlu menyewa tempat. Anda cukup mempersiapkan booth seperti halaman-halaman toko saja.
Hal penting dalam menjalankan bisnis usaha ini adalah Anda harus merasa tertarik dan senang mendesain  aksesoris yang unik. Anda tidak harus belajar khusus. Dengan otodidak pun telah banyak pengusaha aksesoris yang telah lebih dulu berhasil dan sukses. Kuncinya adalah kecermatan dalam memahami tren aksesoris dan teliti dalam merancang aksesoris.

Memulai Usaha

Beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan :
  • Menentukan jenis komoditas yang akan dijual. Apakah hanya aksesoris batu-batuan atau ditambah dengan aksesoris yang lain. Akan lebih baik jika aksesoris yang Anda jual merupakan aksesoris buatan sendiri atau hand made agar tidak pasaran.
  • Mencari pemasok barang. Anda dapat menggunakan batu-batuan yang berasal dari Nusantara karena cukup banyak sumber batu-batuan Nusantara yang dapat dijadikan aksesoris. Walupun harganya murah, penampilan batu-batuan dari Nusantara sangatlah menawan. Misalnya saja ; aksesoris cangkang mutiara dari Lombok, aksesoris perak dari Kota Gede Yogyakarta, dan batu-batuan dari Kalimantan.
  • Mencari lokasi usaha yang strategis dan sesuai. Carilah lokasi booth yang bagus dan sering dikunjungi perempuan.
  • Mengemas barang dagangan dengan cantik dan menarik.
  • Menyusun aksesoris dengan display yang menarik dan rapi sehingga pembeli tertarik untuk membeli aksesoris yang Anda jual. Tentunya pembeli akan enggan apabila melihat display aksesoris Anda tidak rapi dan tidak menarik.

Hambatan Usaha

Hambatan usaha dalam menjalankan bisnis usaha ini adalah :
  • Karyawan Anda kurang ramah kepada pelanggan. Karyawan yang tidak ramah akan membuat pengunjung tidak kembali untuk membeli.
  • Model aksesoris Anda ditiru oleh kompetitor. Biasanya suatu model aksesoris yang menarik dan laris akan dengan mudahnya untuk ditiru oleh kompetitor. Oleh karena itu, Anda harus selalu kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan desain aksesoris yang baru sehingga selalu selangkah lebih maju dari kompetitor.
  • Tren model yang cepat berganti. Tren model aksesoris memang cepat sekali untuk berganti. Mungkin ada beberapa aksesoris yang Anda display telah ketinggalan jaman dan sudah tidak model. Tetap semangat dan jangan putus asa. Mengapa bukan Anda saja yang menciptakan tren aksesoris.

Strategi Usaha

Berikut beberapa strategi usaha yang dapat Anda lakukan :
  • Membuat desain aksesoris yang khas. Misalnya penambahan sebuat item ciri khas yang membuat orang tau bahwa aksesoris tersebut adalah buatan Anda.
  • Memberikan jasa layanan konsultasi style. Selalu asah kemampuan dan kepekaan dalam menilai gaya yang baik bagi seseorang.
  • Melayani pemesanan khusus sesuai harga yang diinginkan pembeli.
  • Memanfaatkan momen-momen tertentu, misalnya hari raya atau hari-hari istimewa lainnya.
  • Memberikan garansi kerusakan bagi aksesoris yang harganya cukup mahal. Ini sebagai komitmen bahwa aksesoris Anda adalah berkualitas.
  • Selalu menjaga kualitas aksesoris yang dijual.
  • Menerapkan sistem member dengan banyak keuntungan, misalnya saja diskon atau pemesanan aksesoris khusus.
  • Melobi pejabat atau artis agar mau mengenakan aksesoris Anda.

Simulasi Usaha

Modal awal

1 unit booth/gerobak bertenda Rp 4.000.000,00
Wadah + dekorasi booth Rp 1.000.000,00
Kursi plastik Rp 50.000,00
Kain penutup booth Rp 100.000,00
Jumlah Rp 5.150.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp5.150.000,00 – Rp1.000,00) / 4 = Rp1.287.250,00 per tahun atau sama dengan Rp107.270,00 per bulan.

Barang dagangan

Koleksi barang dagangan awal Rp 2.000.000,00

Perhitungan Laba/(Rugi) per bulan

Pendapatan : Rp200.000,00/hari x 30 hari Rp 6.000.000,00

Biaya-biaya

Sewa/pungutan tempat + listrik Rp 350.000,00
Harga pokok harga dagangan Rp 2.000.000,00
Gaji pegawai Rp 750.000,00
Biaya penyusutan peralatan Rp 107.270,00
Transportasi Rp 100.000,00
Jumlah Rp 3.207.270,00
Laba bersih Rp 2.792.370,00
sumber artikel: http://www.erwinheriyono.com

Pencarian Bisnis Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in Tips berbisnis and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Langkah-langkah Memulai Bisnis Aksesoris

  1. sishandoko says:

    data accesories …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *